Pages

Renungan Ramadhan Part II : Sabar


Rencananya pengen bikin trilogy di bulan ramadhan ini. Insya Allah bakal ada satu lagi postingan renungan ramadhan. Setelah kemaren ngebahas "kulit"nya ikhlas, postingan sekarang mau coba bahas tentang sabar. Berbekal ayat ini : "Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar" (QS.Al-Baqarah 2:153)


Secara Harfiah sabar berarti tabah menghadapi ujian. Menurut Zun al-Nun al-Mishry, sabar artinya menjauhkan diri dari hal-hal yang bertentangan dengan kehendak Allah, dan tenang ketika mendapat cobaan, serta menampakkan sikap cukup walaupun sebenarnya berada dalam kefakiran. Sedangkan menurut Ibnu Atha, sabar artinya tetap tabah dalam menghadapi cobaan dengan sikap yang baik.

Menurut versinya Pa Aam Amiruddin, sabar artinya teguh berada dalam jalan kebenaran tidak larut pada ajakan nafsu, jiwanya tidak pernah mengenal putus asa, dan lidahnya tidak pernah mengeluh kecuali kepada Allah SWT.

Kalo bisa di simpulin mungkin sabar itu berarti menerima kehendak Allah dengan hati lapang, tabah dan tenang menghadapi cobaan Allah, dengan tetap berada pada jalan yang di ridhai Allah. Tetap berikhtiar walau seringkali mendapat kesulitan dan cobaan. Perlu digaris bawahin sabar itu tak berbatas. Tidak ada batas untuk kita bersabar, jika ada orang bilang sabar itu ada batasnya itu berarti tanda orang itu tidak lagi sabar & ikhlas menerima ketentuan Allah. Walahualam..

"Bersabarlah dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipudayakan" (QS. An-Nahl 16:127)

5 comments:

Anonymous said...

*wink-wink*

Iman Brotoseno said...

sabar itu memang sedang dicoba, kala macet di Jakarta sudah sedemikian parahnya gara gara pembangunan jalan bussway di Gatot Soebroto

Jaloee said...

Kalau versi na Pa Aam Jaloee : sabar itu tetangganya yg telah meninggal..hihihik..

eh ngomong2 pake ada trilogi gitu, kayak film Load Of The Ring aja...

btw aku tunggu yang ketiga na..

"Taqobalallohu Minna Wa Minkum"

Minal 'aidin wal faidzin.. dew

Anonymous said...

maap lahir batin, dw!

-Fitri Mohan- said...

insya allah aku bisa terus bersabar. amien.

dewi, met idul fitri ya. mohon maaf lahir dan batin.